CARA PALING MURAH MERAWAT RAMBUT


Berbagai cara yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk merawat rambut. Dan hasilnya luar biasa. Mulai dari cara yang memerlukan biaya mahal sampai biaya yang paling murah sekali pun. Namun tujuan semua cara tersebut adalah sama yaitu agar rambut tumbuh subur. Jika rambut tumbuh subur, hitam, berkilau dan tidak ditumbuhi uban akan menambah nilai penampilan seseorang. Ini sesuai dengan konsep rambut adalah mahkota.

Untuk menerapkan cara apapun, kita harus mengenal jenis rambut terlebih dulu. Apakah jenis rambut kita kering, berminyak atau normal. Dengan mengetahui jenis rambut, kita dapat memperlakukan perawatan sesuai dengan jenis rambut.


Kemudian pahami bagaimana proses tumbuh dan pertumbuhan rambut di kepala. Mengapa rambut tumbuh di kepala? Bagaimana rumbut dapat tumbuh dengan subur? Bagaimana rambut tumbuh secara alami sehingga tidak cepat beruban?

Rambut akan tumbuh subur secara alami karena akar rambut sehat dan mendapat nutrisi yang memadai. Asupan nutrisi dapat diperoleh rambut melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Namun banyak juga melalui pemberian nutrisi langsung melalui pembersih dan suplemen.

Berikut adalah cara merawat rambut agar tumbuh subur:

1.Nutrisi yang memadai

Nutrisi yang berkaitan dengan pertumbuhan rambut antara lain protein, garam mineral, vitamin dan zat lainnya. Oleh sebab itu konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin berdampak pada kesuburan rambut.

2.Perawatan yang benar

Perawatan yang benar dapat mempengaruhi kesuburan rambut. Misalnya ketika menyisir rambut. Pengalaman sehari-hari menunjukkan bahwa rambut yang disisir secara teratur dan kontinyu dapat menyuburkan rambut. Namun perlu digunakan sisir yang lembut dan cara yang lembut juga. Hal ini dilakukan supaya pembuluh darah yang ada pada dermis akar rambut aktif mengedarkan darah sehingga merangsang pertumbuhan akar rambut di kulit kepala.

3.Hindari perlakuan keliru terhadap rambut

Perlakuan keliru dapat menyebabkan rambut tidak subur. Misalnya terlalu sering menjambak rambut, menggarut kulit kepala dengan kasar ketika gatal.

4.Membersihkan rambut

Usahakan agar tidak sering bergonta-ganti pembersih rambut. Sebaliknya pilihlah pembersih rambut yang sesuai dengan jenis rambut. Sekarang sudah banyak tersedia pencuci rambut sesuai jenis rambut, berminyak dan rambut kering. Jenis rambut kering atau berminyak ditentukan oleh kelenjar minyak yang terdapat pada bagian dermis (kulit jangat).

5.Menata rambut

Mengatur rambut supaya rapi dapat digunakan minyak rambut tertentu. Minyak rambut mempermudah dalam penyisiran rambut. Di samping itu juga dapat menyuburkan rambut. Oleh sebab itu gunakan minyak rambut yang sesuai dengan jenis rambut. Jika tidak tepat, atau sering gonta-ganti, minyak rambut justru dapat merangsang tumbuhnya uban di kepala.

Memang, anak muda sering memperindah tampilan rambut, baik dengan memberi warna maupun meniru model rambut yang lagi ngetrend. Namun berhati-hatilah agar tidak terlalu sering melakukannya. Tindakan yang berlebihan terhadap penataan rambut dapat mengurangi kesuburan dan pertumbuhan rambut.

Aksi menghitamkan rambut beruban dengan pewarna tertentu termasuk cara memperindah tampilan rambut. Tindakan itu bukan untuk mencegah tumbuhnya uban. Boleh jadi cara itu akan merangsang pertumbuhan uban yang lebih banyak.

Diyakini memang, cara tersebut di atas masih dapat disempurnakan sehingga perawatan rambut menjadi benar-benar lebih murah.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar