10 Trik Sederhana Tingkatkan Daya Tahan Baterai di Android

10 Trik Sederhana Tingkatkan Daya Tahan Baterai di Android

Kebanyakan smartphone yang dijual di pasar saat ini datang dengan layar resolusi tinggi, prosesor yang kuat dan mampu menangani multitasking.

Sayangnya, semua fitur baru dan kemampuan untuk melakukan hal-hal baru, menyebabkan penggunaan baterai cepat terkuras. Ditambah dengan seringnya menggunakan beragam aplikasi, membuat baterai cepat sekali habis.

Dan jika baterai habis saat kita di perjalanan atau sedang di luar, mungkin akan 'mati gaya.' Apalagi jika Anda seorang pebisnis, maka hal-hal penting bisa terlewatkan.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa tips dan trik sederhana namun berguna untuk meningkatkan daya tahan baterai smartphone Anda, terutama bagi Anda pengguna Android.

Berikut 10 cara sederhana yang bisa Anda gunakan, yang kami kutip dari Gizbot.com:

1. Pastikan perangkat tetap dingin
Menurut beberapa studi, suhu tinggi akan mengurangi daya tahan baterai. Dan menjaga perangkat dalam keadaan dingin, akan meningkatkan siklus hidup perangkat smarrtphone.

2. Jangan pasang aplikasi beriklan
Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Amerika mengungkapkan bahwa, aplikasi yang didukung iklan mengurangi masa pakai baterai rata-rata 2,5 jam. Sayangnya, hampir semua aplikasi gratis didukung oleh iklan yang dapat menguras baterai smartphone.

3. Matikan pelacak lokasi
Aplikasi seperti Facebook menguras baterai, karena terus melacak lokasi pengguna menggunakan GPS. Dalam perangkat Android, Anda dapat mematikan pelacak lokasi di pengaturan: Settings >>Lokasi dan matikan pelacak lokasi.

4. Kurangi kecerahan
Layar smartphone Anda mengkonsumsi daya tahan baterai hingga maksimum. Jika Anda ingin memperpanjang umur baterai, atur kecerahan layar pada posisi minimum atau kecil.

5. Perbarui aplikasi lewat Wi-Fi saat melakukan pengisian
Secara umum, apa pun yang menggunakan bandwidth cenderung mengkonsumsi banyak baterai. Disarankan untuk memperbarui aplikasi melalui wi-fi, dan saat pengisian baterai dilakukan.

Bagaimana Meningkatkan Daya Tahan Baterai Smartphone?

6. Hidupkan smartphone pada mode daya rendah
Sayangnya, tidak semua smartphone Android dilengkapi dengan mode penghemat baterai, tetapi jika Anda menggunakan perangkat Android 5.0 atau yang lebih baru, maka Anda dapat mengaktifkan mode daya rendah.

7. Mode pesawat
Smartphone menggunakan banyak baterai untuk mencari jaringan. Dianjurkan untuk beralih modus pesawat, jika Anda berada di suatu tempat dengan sinyal yang buruk, sehingga telepon Anda tidak terus mencoba untuk menghubungkan dan menguras baterai.

8. Matikan beberapa fungsi
Matikan semua layana sepertin Wi-Fi, Bluetooth, GPS dan NFC jika Anda tidak benar-benar menggunakannya. Ini akan memberikan daya hidup baterai sedikit lebih lama.

9. Pasang aplikai penghemat baterai
Di toko aplikasi Android, banyak sekali aplikasi penghemat baterai seperti Guru, Defender dan banyak lagi. Aplikasi ini membantu untuk mengelola konsumsi baterai dan menyesuaikan pengaturan secara efisien.

10. Hapus aplikasi boros baterai
Hindari menggunakan aplikasi yang mengonsumsi baterai banyak seperti game, video, dan aplikasi lain yang didukung oleh iklan. Aplikasi ini akan mengkonsumsi daya tahan baterai dengan maksimum.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar