10 Cara Menyelamatkan Diri Anda Dari Stres


10 Cara Menyelamatkan Diri Anda Dari Stres - Setiap orang pasti ada kalanya membutuhkan suasana yang santai dan bebas dari stres untuk memulihkan kesegarannya dalam berpikir. Banyaknya kegiatan setiap hari tentunya dapat mempengaruhi suasana hati Anda, rasa lelah, penat, bosan bisa datang kapan saja di waktu yang tidak tepat. Untuk mengatasi suasana hati dan pikiran yang tidak mengenakan itu, banyak orang yang harus cuti mengambil liburan jalan-jalan sebagai pelepas stres.

Ya, hal itu tidaklah salah karena memang manusia juga membutuhkan hiburan. Buruknya, saat stres melanda terkadang kondisi kantong sedang tidak bersahabat atau pun kondisi waktu yang tidak memungkinkan bagi kita untuk cuti . Berikut ini adalah 10 cara yang bisa Anda lakukan untuk selamatkan diri dari stres.

10 Cara Selamatkan Diri Anda Dari Stres


 

1. Meditasi


Tak banyak keterampilan yang dibutuhkan untuk bermeditasi dan ini merupakan cara instan untuk mengurangi kecemasan dan stres. Dengan bermeditasi setiap hari telah terbukti dapat mengubah jalur saraf otak Anda yang dapat membuat Anda lebih tahan terhadap stres. Duduk tegak dan tutup mata Anda. Fokus pada sugesti untuk diri Anda sendiri, seperti "Aku merasa damai, Aku bahagia, Hidupku penuh dengan kedamaian dan cinta." Semua bentuk sugesti bisa Anda ciptakan dengan kalimat Anda sendiri, lakukan hal tersebut dengan mengsinkronisasi sugesti dengan pernapasan Anda. Jika pikiran dan khayalan mulai merasuki benak Anda, biarkan itu hanyut dan terus nikmatilah ketenangan Anda.

 

2. Berlatih Syukur


Bersyukur sangat membantu Anda untuk bisa menghilangkan pikiran negatif dan juga kekhawatiran. Hal utama sekaligus cara terbaik untuk menjaga pandangan dan pikiran Anda tetap positif adalah dengan menjaga rasa syukur di hati Anda. Ingatlah semua hal-hal baik yang telah dianugerahkan Tuhan untuk Anda, seperti kesehatan, prestasi Anda, orang yang dicintai dan keterampilan yang Anda miliki. Ketika Anda mulai merasa stres, luangkan waktu untuk mengingat kembali semua kebaikan dan keindahan yang pernah terjadi dalam hidup Anda.

 

3. Tarik Napas Dalam-dalam


Teknik bernapasan ini sangat mirip dengan meditasi. Dengan Anda melakukan teknik ini akan memperlambat denyut jantung dan menurunkan tekanan darah, hal itu dapat melawan efek stres. Duduk tegak dan tutuplah mata Anda, tarik napas melalui hidung secara perlahan. Perhatikan dan rasakan napas Anda yang dimulai dari perut dan berjalan ke bagian atas kepala. Lakukan terus proses ini saat Anda menghembuskan napas dari mulut.

 

4. Bebaskan Waktu Anda Sesaat


Berhentilah sejenak dari kegiatan yang begitu menguras tenaga dan pikiran Anda untuk sesaat. Anda dapat mengisi waktu sesaat itu dengan berfokus pada indra Anda. Ambil lima menit untuk fokus pada satu hal. Misalnya menikmati rasa makanan kesukaan Anda dan mencium bau wangi dari parfum kesukaan Anda.

 

5. Ajak Teman Mengobrol


Ini merupakan sebuah cara yang bagus untuk mengurangi efek stres. Ajaklah teman Anda untuk mengobrol, baik itu secara tatap muka atau pun melalui telepon.

 

6. Perhatikan Tubuh Anda


Terkadang Anda tidak menyadari di mana stres dan ketegangan fisik sama-sama dapat mempengaruhi suasana hati Anda. Perhatikanlah tubuh Anda, perhatikan sendi, otot dan tulang Anda setiap harinya. Anda bisa duduk diam atau berbaring di tempat tidur, mulailah untuk merasakan jari-jari kaki Anda, otot-otot Anda, rasakan apakah terasa longgar atau terasa kencang dan kaku.

 

7. Pijat Tubuh


Jika Anda sudah memperhatikan kondisi dari tubuh Anda, mungkin ada bagian dari tubuh Anda yang terlalu lelah karena kesibukan Anda sehari-hari. Lakukan pijat relaksasi pada tubuh Anda untuk merenggangi otot-otot dan urat yang kaku, hal ini bisa menjadikan tubuh Anda lebih segar dan nyaman setelahnya.

 

8. Tertawalah


Jangan sepelekan hal ini, tertawa memiliki efek kimia pada suasana hati Anda karena dapat menurunkan kortisol yaitu hormon penyebab stres dan merilisendorfin, yaitu bahan kimia yang diproduksi oleh otak Anda untuk memberikan rasa damai dan tenang. Ada banyak cara yang bisa membuat Anda tertawa tentunya, Anda bisa membaca lelucon atau komik, menonton video lucu atau chattingdengan teman-teman Anda yang memiliki selera humor tinggi.

 

9. Olahraga Ringan


Anda tidak perlu melakukan olahraga ekstrim, cukup olahraga yang ringan-ringan saja seperti berjalan kaki, lebih memilih tangga untuk naik dan turun. Ini semua agar tubuh Anda lebih segar dan giat, otot juga tidak kaku.

 

10. Mendengarkan Musik


Penelitian telah menyatakan bahwa mendengarkan musik dan menikmatinya sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

Luangkan waktu Anda untuk fokus mendengarkan musik, Anda juga bisa bekerja sambil tetap mendengarkan musik asalkan Anda bisa tetap berkosentrasi pada pekerjaan Anda. Demikianlah 10 Cara Selamatkan Diri Anda Dari Stres, semoga artikel ini bermanfaat
.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar